Selamat Datang di Situs ini...

Terima kasih Sdr/Sdri sudah mengunjungi situs ini. Situs ini kami dedikasikan untuk memberikan informasi kerohanian, KHUSUS bagi anggota GEREJA MASEHI ADVENT HARI KE TUJUH. Silahkan MENDAFTAR dan CARILAH materi-materi kerohanian yang Sdr/Sdri butuhkan di "Daftar Arsip". Kami juga MENGHARAPKAN komentar Sdr/Sdri untuk MENINGKATKAN pelayanan kami. Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati.

Selasa, 18 Juni 2013

Prinsip Dalam Meng-interpretasikan Alkitab atau Roh Nubuat

Mengenal Prinsip Dalam Menginterpretasikan Alkitab atau Roh Nubuat 
Oleh:  Dr. JonathanKuntaraf
Salah satu masalah penting dalam meneliti ajaran Davidian, ataupun ajaran dari kelompok-kelompok lain yang mengakui memiliki terang baru, adalah perbedaanprinsip dalam menginterpretasikan Alkitab dan Roh Nubuat. Setiap orang bisa saja mengambil satu ayat Alkitab atau satu kutipan Roh Nubuat, dan mengajarkan satu interpretasi dari ayat atau kutipan tersebut. Oleh sebab itu kita harus tahu bagaimana untuk menginterpretasikan tulisan Roh Nubuat. Beberapa alasan penting mengapa kita harus tahu cara untuk
menginterpretasikan Alkitab dengan benar, diuraikan di bawah ini:

1.       Walaupunkata-kata jelas, namun arti seluruh kalimat mungkin tidak jelas.
2.       Banyak yang telah membuat kesalahan dengan membuat asumsi bahwa sebagian itu adalah keseluruhan.
3.       Arti kata-katadapat berubah dari waktu ke waktu.
4.       Perbedaan kebudayaan dapat merubah arti.
5.       Perbedaansituasi atau kondisi dapat merubah arti.
6.       Suatu katamungkin memiliki arti yang berbeda walaupun tertulis dalam buku yang sama.
7.    Suatu kata atau tindakan dapatdiinterpretasikan berbeda oleh orang yang sama atau dua orang yang melihatsituasi yang sama namun dengan perspektif yang berbeda.


BagaimanaMenginterpretasikan Roh Nubuat
EllenG. White Estates menerbitkan “Twenty Guiding Principles in the Study and Useof the Spirit of Prophecy,” yang penting untuk dipelajari agar kita jangansampai salah dalam menginterpretasikan tulisan Roh Nubuat. Untuk kepentinganmembahas Ajaran Davidian, saya coba sarikan dari 20 prinsip tersebut menjadi 8,dengan harapan kita dapat mengerti bilamana kita membaca tulisan Roh Nubuat.


1.   Melihat konteks tulisan

Contoh:
a.      1896,“Adalah tidak bijaksana untuk memilih satu orang sebagai ketua GeneralConference,” TM 342.  Dengan melihat akankutipan ini, seseorang bisa mengatakan, bahwa kita tidak perlu memilih ketuaGeneral Conference, bahkan mengatakan pemilihan ketua General Conferencesekarang ini adalah suatu kesalahan.
b.       

Namunpada tahun 1904: A. G. Daniels, ketua General Conference pada waktu itumendapatkan suratdari Ny. White yang mengatakan: “Saya mengetahui bahwa Pdt. Daniels adalahorang yang tepat pada tempat yang tepat.” Letter 225, 1904. Mengapa terjadiperubahan sikap dari Ellen G. White terhadap kedudukan ketua GeneralConference?  Dengan melihat kepadakonteks, kita dapat mengetahui bahwa pada tahun 1896, kedudukan ketua GeneralConference dalam masa yang gawat. Ketua GC tidak memiliki wakil, belum adasistem divisi, hingga ketua General Conference mempunyai kesibukan yang luarbiasa untuk pergi dari satu tempat ke tempat yang lain, dan tidak pernah ada ditempat. Maka dalam keadaan seperti ini, Ellen G. White menuliskan, “Adalahtidak bijaksana untuk memilih satu orang sebagai ketua General Conference.”Tetapi pada tahun 1901, terjadi reorganisasi dalam tubuh General Conference.Dalam reorganisasi tersebut dibentuk berbagai department, divisi, bahkan wakilketua General Conference, yang memungkinkan adanya pembagian kerja. Dalamkeadaan seperti ini, A.G. Daniels menunjukkan pekerjaan yang baik. Tidak heran,Ny. White mengatakan, “Saya mengetahui bahwa Pdt. Daniels adalah orang yangtepat pada tempat yang tepat.” Ini berarti ia memberikan dukungan kepadakedudukan ketua General Conference.

c.       June,1910, “Tidak satu pun dari Pdt. Prescott atau Pdt. Daniels yang tersedia untukmemimpin pekerjaan General Conference.” Letter 58, 1910.  August 11, 1910, “Sekarang saya inginmendorongmu dengan kata-kata, maju terus sebagaimana engkau telah mulai,gunakanlah kedudukanmu yang berpengaruh sebagai ketua General Conference untukkemajuan pekerjaan di mana kita dipanggil.” (Surat 68, 1910).


Apakahyang menyebabkan perbedaan tulisan Ny. White? Ternyata oleh sebab A.G. Danielstelah mengalami perubahan.  Setelahmenerima surat Ny. White pada tanggal 15 Juni tersebut, iapergi mencari Ny. White dan menanyakan apa masalah yang terjadi? Ternyata Ny.White tidak merasa layak dia menjadi ketua GC oleh sebab dia tidak terlibatdalam evangelisasi. Setelah mendengar ini, A.G. Daniels pergi ke New York dan mengadakan KKR di New York. Tidak heran Ny. White sekarangmenulis lagi yang menunjukkan dukungannya kepada A.G. Daniels. Nah, dalammelihat buku keluaran Davidian, kita harus benar-benar melihat konteks tulisanAlkitab ataupun Roh Nubuat. Sering mereka menggunakan kutipan tentang kesalahanketua GC seperti halnya tentang A.G. Daniels, padahal kutipan tersebut sudahtidak tepat lagi sebab suasananya sudah berbeda.


2.   Biarkan Roh Nubuat menjelaskandirinya sendiri
Secara jelas Roh Nubuat berkata, “Kesaksian itu sendiri akan merupakan kunciyang akan menjelaskan pekabaran yang diberikan, sama seperti tulisan Alkitabmenjelaskan tulisan Alkitab” (SelectedMessages, Buku 1, hal. 42). Untuk menjelaskan hal ini, kita lihat contoh di bawah ini.


SN Haskell menulis kepada Ny. White padatanggal 23 Nopember 1899. “Ada suatu doktrin...yangdikhotbahkan oleh banyak orang tentang kebenaran fisik. Ini berarti jikalaukita hidup benar, akan menjamin kita dan membuat kita memiliki kebakaan waktuYesus datang.” Berdasarkan kutipan ini, seakan-akan kita percayakankepada kebenaran secara fisik, dan bahkan tidak akan mengalami kematian;sedangkan mereka yang mengatakan tersebut sendiri sudah mati. Ternyata kepercayaantersebut pernah diberikan oleh DS Donell pada tahun 1877 saat mengatakan, “Saya mengajarkan bahwa mereka yangsepenuhnya dipenuhi kuasa Injil Kristus tidak perlu untuk mati.”  Namun Ny. White sendiri telahmengatakan pada tahun 1901 bahwa, “Ajaran yang mengatakan ‘tubuh yang suci’adalah salah” (Selected Messages,Buku 2, hal. 32).


3.    Jangan ambil kesimpulan hanya dari satukalimat saja
a.    Pada tahun1867, Mrs. White menyebutkan,“Pakaian wanita hendaknya terangkat 6 inchi dari lantai” (Testimonies Vol. 1, hal. 521).   Apakah semua pakaian wanita sekarang iniharus 6 inchi atau 15 cm dari lantai?  Kita patut melihat apa lagi yang Roh Nubuat sebutkan mengenai pakaian.Misalnya dia berkata, “Beban untukmenekankan reformasi pakaian telah dipindahkan sebab sesuatu yang diberikansebagai berkat, sekarang menjadi kutuk,” “mode pakaian yang lebih beralasansekarang telah diterima.” (SelectedMessages, Book 3, 253).   Lebih lanjut Ny. White menyebutkanreformasi tentang pakaian sebagai berikut: “Berpakaianlah dengan sederhana sebagaimana yang banyak orang lakukan,memiliki pakaian yang terbuat dari bahan yang baik, tahan lama, sopan, cocokuntuk masa sekarang, dan janganlah pertanyaan tentang pakaian selalu memenuhipikiran” (Selected Messages, Buku 3,254).


b.   Ambil semua kutipan yang berhubungan dengantopik tertentu.
Ini prinsip yang penting untukmenghindarkan kesalahan pengertian. Misalnya ada yang menggunakan sebuahkutipan dari tulisan Ny. White untuk melarang kita untuk tidak makan telur samasekali.  Pada tahun 1869, Ny. Whitemenasehati satu keluarga, “Telurjanganlah diletakkan di atas mejamu.” 2Testimonies, hal. 400.   Kutipantersebut jelas diberikan kepada seseorang, dan bukan berarti semua orang tidakboleh makan telur. Sebab dalam peristiwa lain, Ny. White mengatakan pada tahun1905, “Adalah benar bahwa orang-orangyang dipenuhi makanan daging dan di dalamnya dipenuhi dengan nafsu kebinatanganharus menghindarkan penggunaan makanan yang merangsang.  Khususnya bagi keluarga dengan anak-anak yangdipenuhi dengan kebiasaan nafsu, telur janganlah digunakan. Tetapi dalamkeadaan mereka yang darah pembuat organnya lemah--khususnya bila makanan lainuntuk menyalurkan elemen yang dibutuhkan tidak dapat diperoleh--susu dan telurjanganlah ditinggalkan sepenuhnya.” Ministryof Healing, hal. 320. 


Lebih lanjut Ny. White juga mengatakankalimat berikut pada tahun 1909, “Sementaraamaran telah diberikan sehubungan bahayanya penyakit melalui mentega dankeburukan penggunaan telur yang bebas untuk anak-anak; namun kita tidak bolehmempertimbangkan bahwa adalah satu pelanggaran prinsip untuk makan telur dariinduk ayam yang dipelihara dengan baik. Telur mengandung zat yang dapatmenyembuhkan dari racun tertentu. 9T162.” Dengan menggunakan beberapa kutipan mengenai telur, jelasbahwa tidaklah salah untuk makan telur pada batas tertentu.


Salah satu contoh lain yang seringdisalahmengerti oleh kelompok Davidian adalah mengenai berdoa. Bagaimanaharusnya berdoa? Kelompok Davidan sangat jelas mengatakan bahwa kita harusberlutut. Sebab Ny. White mengatakan, “Cara ini (berlutut)adalah cara yang senantiasa tepat” 2 SM,hal. 311. Apakah cara lainsalah? Sementara Alkitab sendiri menyebut cara berdoa dengan berlutut (1Raja-Raja 8:54), berdiri (1 Raja-Raja 8:22, 23, 55), atau menadahkan tangan (1Timotius 2:, Roh Nubuat sendiri berkata, “Tidak selamanya harus berlutut waktu berdoa. Pupuklah kebiasaan untukberbicara kepada Juruselamat pada saat Anda sendirian, saat Anda berjalan, dansaat Anda sibuk dengan pekerjaan sehari-hari. Hendaklah hati senantiasadiangkat dalam permohonan dalam hati untuk mendapat pertolongan, terang,kekuatan dan pengetahuan. Hendaklah setiap napas adalah doa” MH 311. Bahkan dalam satu peristiwa padatahun 1909, Ny. Ellen G. White mengundang hadirin untuk berdiri bersama diasebagai tanda mengdedikasikan diri mereka kembali, dan tetap berdiri sementaradia berdoa untuk mereka. Arthur L. White, “Standingfor Prayer”, 17 Februari 1960. Dengan demikian walaupun berlutut adalah cara berdoa yang baik,namun ajaran yang mengatakan bahwa berdoa harus selalu dengan berlutut tidaklahsesuai dengan Alkitab dan Roh Nubuat.


4.    Berjalanbersama dengan pengalaman saudara/i seiman
Sehubungan dengan mereka yang mengatakanbahwa mereka memiliki terang yang baru, kita diingatkan bahwa, “Jangan seorang pun yang percaya diri, bahwaTuhan telah memberikan kepada mereka terang yang khusus melebihisaudara-saudara lainnya” (5 Testimonies, hal.291).


Apakah penuntut yang aman? “Satu-satunya cara yang aman kepadamasing-masing kita adalah tidak menerima doktrin baru, interpretasi yang barutentang Alkitab, tanpa lebih dahulu menghadapkan kepada saudara-saudara yangberpengalaman. Letakkan di hadapan mereka dengan roh yang rendah hati dan sukabelajar, dengan doa yang sungguh; dan bila mereka tidak melihat terang didalamnya, menyerahlah kepada pertimbangan mereka, sebab ‘dalam himpunanpenasehat, adanya keadaan aman’” (5Testimonies, hal. 293).


5.    Definisikanterminologi sesuai dengan arti yang dimengerti oleh penulis.
Misalnya, Ny. White menuliskan, “It is the nicest work ever assumed by menand women to deal with youthful minds” Counselsto Parents and Teachers, hal. 73.Apakah yang Ny. White maksudkan dengan hal ini? Dengan membandingkan kutipan lain yang berhubungan dengan hal iniyang terdapat dalam Education, hal. 292 kitabisa mendapatkan jawabannya. “thenicest, the most difficult (work), ever committed to human beings. It requiresthe most delicate tact, the finest susceptibility, a knowledge of human nature,and a heaven-born faith and patient”


6.    Ingatkepada prinsip dan aplikasi
Dalam membaca tulisan Roh Nubuat, seringkita melihat suasana yang telah berubah, namun prinsipnya tetap berlaku.Misalnya kutipan berikut ditulis pada tahun 1903, “Bila gadis-gadis...dapatbelajar untuk memasang pelana dan mengendarai kuda, dan menggunakan gergaji danpalu, sebagaimana juga menggunakan pembersih dan cangkul, mereka akan lebihsiap untuk menghadapi masalah darurat dalam hidup” Education, hal. 216, 217. Setelahlewat lebih dari 100 tahun, kita percaya bahwa kutipan tersebut tidak lagiberlaku persis seperti yang tertulis sebab naik kuda bukanlah menjadi kebutuhanutama di dunia modern ini, namun kita mengetahui bahwa prinsipnya ialahperlunya pendidikan yang praktis.


7.    MohonkanRoh Kudus menjadi pembimbing Anda
Dengan sangat jelas, Roh Nubuat berkata,“Pengetahuan Alkitab yang benar dapatdiperoleh dengan pertolongan Roh oleh mana Firman Tuhan telah diberikan” Education, hal. 189. Kitasemua memerlukan tuntunan Roh Kudus agar dapat mengerti akan Alkitab. Denganpimpinan Roh, umat Tuhan dapat mengerti lebih jelas, apa yang Alkitab atau RohNubuat maksudkan.


8.    Jangangunakan kutipan Roh Nubuat sebagai ujian persektuan
Satuhal yang sering terjadi, tulisan Roh Nubuat telah digunakan sebagai ujianpersekutuan.  Misalnya salah satu ajarandari Davidian mengatakan bahwa semua umat Tuhan harus vegetarian. Dengandemikian reformasi kesehatan sebagai ujian persekutuan umat Tuhan. Walaupunsaya sendiri adalah pendukung vegetarian, telah lebih 36 tahun vegetarian,bahkan sudah menulis buku tentang vegetarian, dan memberikan seminar tentangvegetarian, namun saya percaya bahwa vegetarian bukanlah ujian persekutuan. Bahkan Ny.White sendiri tidak menggunakan vegetarian sebagai ujian persekutuan. Hal inidituliskan sebagai berikut: “They select statements made in regard to somearticles of diet that are presented as objectionable...They dwell on thesethings and make them as strong as possible, weaving their own peculiar,objectionable traits of character in with these statements and carry them withgreater force, thus making them a test, and driving them where they do onlyharm....We see those who will select from the testimonies the strongestexpression and, without bringing in or making any account of the circumstancesunder which the cautions and warnings are given, make them of force in everycase...There are always those who are ready to grasp any thing of characterwhich they can use to rein up people to a close, severe test....Picking outsome things in the testimonies they drive them upon every one, and disgustrather than win souls....Let not individuals gather up the very strongeststatements, given for individuals and families, and drive these things becausethey want to use the whip and to have something to drive.” Selected Messages, book 3, pp. 285-287. Jelas bahwa reformasikesehatan jangan jadi ujian persekutuan sebab kita semua mempunyai pengalamanperjalanan rohani yang berbeda. Jangan kita gunakan soal makanan sebagai cambukkepada orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.