Selamat Datang di Situs ini...

Terima kasih Sdr/Sdri sudah mengunjungi situs ini. Situs ini kami dedikasikan untuk memberikan informasi kerohanian, KHUSUS bagi anggota GEREJA MASEHI ADVENT HARI KE TUJUH. Silahkan MENDAFTAR dan CARILAH materi-materi kerohanian yang Sdr/Sdri butuhkan di "Daftar Arsip". Kami juga MENGHARAPKAN komentar Sdr/Sdri untuk MENINGKATKAN pelayanan kami. Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati.

Minggu, 30 Juni 2013

PEKABARAN 3 MALAIKAT



“RAHASIA PANGGILAN KUDUS YANG DI SALAH MENGERTIKAN DUNIA”
Oleh: Pdt. Stenly Karwur


INJIL YANG KEKAL

Setelah Tuhan mengatakan kepada Yohaenes yang Kekasih tentang Keselamatan Akhir dari orang-orang percaya (Wah. 14:1-5), Allah kemudian mengumumkan melalui lambang malaikat-malaikat yang terbang dilangit akan amaran terakhir-Nya bagi umat manusia.   Hal ini diberikan dalam jangka waktu yang panjang sebelum   Masa Penutupan Pintu  Kasihan   dan  sebelum 7 Kutuk/Malapetaka dicurahkan atas orang-orang jahat. (Wah. 16).  Pekabaran 3 malaikat berisi JAWABAN TUHAN TERHADAP TIPUAN SETAN yang menyelubungi serta melanda dunia ini sebelum kedatangan Kristus yang kedua kali.

Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang ditengah-tengah langit dan padanya ada Injil Yang Kekal  untuk diberitakannya kepada mereka yang diam diatas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum Wahyu  14:6

1.             Injil yang kekal adalah merupakan pekabaran yang sama dengan perintah yang Yasus berikan kepada  murid-murid-Nya sebelum kenaikan-Nya (Mat.  28:18-10), yaitu pekabaran yang  harus disampaikan kepada semua orang tentang Yesus dan Kebenaran-Nya.”  Dan Injil itu harus diberitakan ke            seluruh dunia   menjadi kesaksian bagi  semua bangsa,      barulah     tiba kesudahannya.  (Mat. 24:14).   Hal ini dinyatakan sebagai Injil Yang Kekal yang harus disampaikan keseluruh  dunia, yakni Yesus sebagai satu-satunya juruslamat yang menghapuskan  dosa dunia, dan  satu-satunya juruslamat yang menyelamatkan manusia sepenuhnya, dan tidak  ada  yang  lain.  Pada dasarnya hal ini merupakan satu pernyataan iman yang hidup dalam kehendak Allah, yang bekerja sepenuhnya bagi keselamatan manusia.  Tidak ada yang  layak dipercaya/diimani/disembah selain Dia sendiri.

2.             Hanya  ada  satu  Injil  (Rom. 1:16,17; Gal 1:8).  Injil yang sama  yang diberikan di Eden (Kej
3:15), yang juga diberitakan oleh Abraham (Gal 3:8), dan oleh bangsa Israel ( Ibr. 4:1,2), yang juga dikumandangkan pada  setiap  generasi,  yang  dalam  perkembangannya, diberikan sesuai dengan kebutuhan  krisis  dalam  sejarah  dunia.  Disaat  dunia  sedang  merajalela dengan  penyembahan  pada binatang dan patungnya (Dan 7:25, Wahyu 13), maka pekabaran khikmat dan solem yang disampaikan adalah Takutlah akan Allah..., yaitu: kasih karunia Allah dalam penebusan melalui Anak-Nya supaya barang siapa yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.

Injil itu telah dijanjikan-Nya sebelumnya dengan perataraan nabi-nabi-Nya dalam kitab-kitab suci, tentang Anak-Nya., yang menurut daging dIperanakkan dari keturunan Daud, dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang maT i, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan Kita.  Dengan perantaraan-Nya kami menerima kasih karunia dan jabatan rasul untuk menuntun semua bangsa, supaya mereka percaya dan taat kepada nama-Nya.  Kamu juga termasuk di antara mereka, kamu yang telah dipanggil menjadi  milik Kristus. (Roma 1: 2-6)


PEKABARAN MALAIKAT PERTAMA
dan Ia berseru dengan suara nyaring:Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi  dan laut dan
semua mata air Wahyu 14:7

3.             “TAKUTLAH AKAN ALLAH...”, dalam bahasa Aslinya Phobeomai menggambarkan  satu  hubungan dengan  Allah dalam  penyerahannya yang penuh  pada   kehendak-Nya  ( kehidupan   Iman) (1 Sam 12:14, 24 ; 2 Taw 6:31).  Takut akan Tuhan (Iman) selalu membawa seseorang  pada penurutan yang sejati/ benar oleh karena ia menyerahkan dirinya kepada Allah untuk bekerja sepenuhnya di dalam dirinya. (lihat Ibrani 11).

4.             “...MULIAKANLAH DIA...”,  adalah sebagai satu hasil  dari percaya / iman  akan Yesus, karena semua yang  telah Ia perbuat tidak pernah gagal.                         Saat seseorang takut akan Allah, kehidupannya merupakan satu kehidupan yang memuliakan Tuhan karena Tabiat Yesus bekerja di dalam dirinya, menyanggupkan dia melakukan perintah-perintah-Nya.  Yesus sendiri dalam penyerahan yang penuh kepada  Bapa-Nya, ia memuliakan Bapa yang di Sorga dalam penyelesaian setiap pekerjaan Bapa di dalam Dia. Dalam  wujud yang paling sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari adalah dengan mempersembahkan  seluruh/segenap kehendak kita melalui apa yang kita makan, minum dan lakukan kepada  seluruh kehendak Allah agar Dia dimuliakan (1 Kor.10:31, Amsal 3:9, 10).

5.             KARENA TELAH  TIBA  SAAT  PENGHAKIMAN-NYA, merupakan masa waktu yang ditetapkan Allah untuk  melaksanakan pemeriksaan penghakiman.  (Pengk.12:13-14). Waktu itu adalah saat ini tatkala yesus menjadi pengantara kita kepada  Allah  di Bilik Yang Maha Suci.  Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena Allah akan membawa setiap tindakan dan perbuatanmu ke pangadilan.
Namun  Allah  tidak  melakukan  sesuatu  tanpa  menyatakan  keputusan-Nya  kepada hamba-hamba-Nya  para  nabi (Amos 3:7).    Demikianlah dengan  penghakiman, sebelum terjadi  Allah sudah nyatakan terlebih dahulu kepada nabi-Nya kapan hal  itu akan terjadi. Dalam  Daniel  8:14  Tuhan  telah  menyatakannya  kepada  nabi  Daniel  akan  pelaksanaan penghakiman itu kapan akan dimulai.  Setelah  akhir  masa  2300 petang  dan  pagi barulah pengadilan itu dimulai.  Dihitung sejak tahun 457 SM    berakhirnya  masa 2300 petang dan pagi tahun 1844 M, maka masa penghakiman itupun dimulai.   Hal inilah yang dinyatakan dalam upacara Kaabah Hari Pendamaian atau Hari Grafirat yaitu saat Yesus berada di Bilik Yang Maha Suci sebagai Imam Besar.   Dalam pelaksanaan  penghakiman ini Ia berdiri sebagai pembela bagi seluruh umat manusia.  Ia sebagai pembela dan Ia sendiri sebagai terdakwa bagi siapa yang percaya kepada penebusan, penyelamatan dan kuasa-Nya

6.              ...SEMBAHLAH  DIA  yang  MENJADIKAN  LANGIT   DAN  BUMI  DAN  SEGALA  ISINYA”,  amaran  ini mengajak kita kembali kepada kejadian penciptaan pertama di Taman Eden, ketika pertama kali Allah menciptakan langit dan bumi (hal yang sama seperti yang dinyatakan dalam Keluaran 20:11, sebab enam hari lamanya Tuhan MENJADIKAN LANGIT DAN BUMI, LAUT DAN SEGALA ISINYA, dan Ia berhenti pada hari ketujuh;  itulah  sebabnya Tuhan MEMBERKATI hari Sabat  dan MENGUDUSKANNYA.... (Hal  ini  merupakan  pernyataan  manusia  sebagai   milik  Allah  melalui  tanda /cap /METERAI yang dinyatakannya dalam Keluaran 20:11).

7.             Pekabaran malaikat pertama ini memanggil kita supaya kembali menyembah Pencipta dengan PERSYARATANNYA ( yaitu MELALUI Pembenaran Oleh  Iman  dalam Kristus yang menghasilkan PENURUTAN YANG OTOMATIS terhadap seluruh panggilan-Nya dalam Wahyu 14: 7 ini).  Saat khotbah Pekabaran Malaikat Pertama di  khotbahkan, ini merupakan benteng  iman  paling  besar yang melawan teori Evolusi dari Charles  Darwin  (karena  pada  masa  ini  dunia  mulai  dibutakan  oleh  fisafat-filsafat  Evolusi  yang meragukan penciptaan dan adanya Allah).


PEKABARAN MALAIKAT KEDUA

Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata:
Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya.”  Wahyu 14: 8

8.              “Sudah   rubuh, sudah  rubuh Babel  .       Hal  ini  merupakan  KABAR  GEMBIRA  YANG  DAHSYAT.  Kristuslah  sebagai  pemenang  terhadap  kekuatan  dunia  pada  sistem  negara-agama.    Pekabaran  ini menyatakan kekalahan Babilon oleh kuasa Yesus.  Dalam pandangan ini tidak ada lagi KERAGU-RAGUAN dalam  membuat  KEPUTUSAN  dalam  MENGUMANDANGKAN maksud, kerinduan dan kemauan untuk mengikuti Yesus.  BAGAIMANA HAL INI DAPAT TERJADI?  Tidak  ada jalan lain lagi SELAIN PEMBENARAN DI DALAM YESUS KRISTUS.   Inti  pengajaran  dari  Babilon  (Dokterin  Dunia)  yang  sudah  jatuh  adalah keselamatan oleh usaha manusia (untuk mendapatkan  keselamatan  harus dilakukan oleh usaha manusia walaupun  hanya kecil / SEDIKIT kemungkinannya).   Hal ini merupkan KONTRADIKSI dari umat-umat Tuhan yang mencuci jubahnya menjadi putih melalui darah Yesus” diselamatkan  oleh  iman dalam Yesus Kristus sepenuhnya. (Maz. 85:13).

9.             William G. Johnsson, (dalam buku The Saint End-Time Victory Over the Forces of Evil. Silver Springs MD: Biblical Research Institute 1992), menggambarkan Babilon ini sebagai:Perwakian dari segala penggodaan manusia untuk menciptakan jalan keselamatan, semua rencana-rencana dan program yang, karena DIDIRIKAN ATAS AKAL MANUSIA SERTA PENIPUAN, mencoba MENGACAUKAN rencana Ilahi untuk  dunia.”  Dengan kata  lain inilah sistem keagamaan yang BERDIRI MELAWAN Injil yang Kekal.

10.            Malaikat  ke-2  ini  MENGUMUMKAN kehancuran  Babilon  akhir zaman,  sistem keagamaan murtad sedunia dan konfederasi organisasi-organisasi  keagamaan sedunia  yang didukung oleh kuasa-kuasa politik dunia (Wah 13:12-17).   Kehancuran Babilon ini diulangi dengan sangat jelas di wahyu 18.   Amaran ini sekaligus  diikuti  oleh UNDANGAN  untuk  keluar dari babilon  tersebut dan sujud menyembah Allah yang benar.(Wah. 18:1-4)

11.            Selama berabad-abad permulaan kekristenan, ketika orang-orang Roma menekan, baik orang- orang  Yahudi maupun orang-orang Kristen, bahan  bacaan  dan tulisan  yang dikeluarkan oleh orang Yahudi maupun orang Kristen MENUNJUK kota ROMA sebagai BABILON. (baca tulisan Midrash Rabbah mengenai Canticles I. 6, 4; Tertulian, Against  Marcion, III, 13).  Babilon juga adalah nama samaran untuk kota Roma seperti yang dikatakan oleh Petrus (I Petrus 5:13).

12.            Karena kemurtadan dan aniaya  yang terdapat di dalamnya, maka pada umumnya orang-orang Protestan  zaman reformasi dan sesudah reformasi MENUNJUK gereja Roma sebagai Babilon Rohani Murtad (Wahyu 17), MUSUH UMAT ALLAH. ( dikutib dari: Froom, Leroy E.,  The  Prophetic  Faith  of  Our Fathers, Washington, D.C. :  Review and Herald, 1948, jilid 2 hal 765-782).

13.            Pekabaran Malaikat kedua memberitakan sifat umum (universal) mengenai kemurtadan Babilon dan  kuasanya yang memaksa, mengatakan bahwa ia yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa  nafsu cabulnya.   Yang dimaksud dengan “anggur Babilon   disini ialah lambang  dari PENGAJARAN YANG MENYESATKAN.  Babilon akan menekankan kekuatan negara untuk memaksakan secara menyeluruh ajaran dan dekrit-dekrit agama palsunya itu. 

14.            Cabul   Ini menggambarkan hubungan yang tidak  sah antara Babilon dengan bangsa-bangsa, gereja murtad dengan kuasa sipil.  Jemaat seharusnya menikah  dengan  Tuhannya, tetapi yang terjadi sebaliknya,   yang  dicari justru dukungan dari kuasa negara,  ia  meninggalkan  pasangannya  lalu melakukan perzinahan rohani (bandingkan Yeh. 16:15; Yak. 4:4).

15.            Hubungan  yang  tidak  sah  ini   mengakibatkan  tragedi.    Yohanes  melihat  penduduk  bumi dimabukkan” ajaran palsu dan Babilon sendiri mabuk  oleh darah orang-orang kudus  dan darah saksi-saksi Yesus,” yang menolak menerima pengajaran yang tidak berdasarkan Alkitab dan yang tidak tunduk kepada kuasanya. . (Apa Yang Anda Perlu Ketahui Tentang… Bandung: IPH, 2002, hal 201).

16.            Pekabaran  Malaikat  kedua,  KEGENAPANNYA  SECARA  LENGKAP  ADA  DALAM  PERSEKUTUAN PELBAGAI ORGANISASI AGAMA  YANG TELAH MENOLAK PEKABARAN MALAIKAT PERTAMA.  Pekabaran kejatuhan Babilon ini DIULANGI  dalam  Why.  18:2-4,  yang  mengumumkan  betapa   sempurnanya  kejatuhan  Babilon  dan BETAPA  SERIUSNYA PENGGILAN  KEPADA PELBAGAI AGAMA YANG TERGABUNG DI DALAMNYA UNTUK MEMISAHKAN DIRI.


PEKABARAN MALAIKAT KETIGA

"Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda  pada dahinya  tau pada tangannya, maka ia akan minum dari  Anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang didepan mata malaikat-malaikat kudus dan didepan mata Anak Domba…” Wahyu 14: 9-11

17.            Malaikat ke-3 MENGAMARKAN PARA PENYEMBAH binatang itu, bahwa JIKA  mereka MENYEMBAH binatang dan patungnya itu, dan MENERIMA tanda  pada dahinya  atau pada tangnannya maka IA AKAN MINUN dari anggur CAWAN MURKA ALLAH... dan IA AKAN DI SIKSA dalam api dan belerang.

Keterangan: Gambaran cawan api dan belerang disini adalah amaran kembali untuk melihat gambaran hujan api dari langit yang terjadi pada kota Sodom dan Gomora. ( Kej 19:24).  Ini mengingatkan kita juga tentang nubuatan Yesaya terhadap Edom, musuh bangsa Israel (Yes 34:8-10), yang dihancurkan oleh penghakiman Allah.  Hal yang sama juga akan terjadi pada   binatang  itu yang  mencampur-adukkan kebenaran dengan   kesalahan / kekafiran  serta  menyesatkan  umat manusia.  Hal ini jelaslah bahwa SIAPA YANG  MENOLAK  untuk  mempercayai kabar baik (Injil/keselamatan oleh iman yang bekerja di dalam Yesus)   dan  menerima sistem  penyembahan Babilon murtad, (keselamatan melalui usaha manusia) serta praktek praktek penyembahannya, maka IA AKAN MEMINUM CAWAN MURKA ALLAH. (Why. 14:10, 11, serta Why. 18:4...)

18.            George E. Ladd, dalam bukunya A Commentary on  the  Revelation  of  John, Grand Rapids, MI: Eerdmans, 1972,  mengatakan : kecuali  Allah dalam murka-Nya yang terakhir dicurahkan atas segala pemberontakan dan kejahatan dunia, maka kerejaan-Nya tidak bisa datang.  Karena itu, dalam sentuhan terbesar dari tujuan  penyelamatan Allah untuk manusia itu, maka murka-Nya sangat  berhubungan erat dengan kasih serta kemurahan-Nya.

19.            Ketekunan orang orang kudus  yang menuruti perintah Allah dan  Iman  akan  Yesus, adalah SAMA seperti pohon dan buah.  Barang siapa yang tinggal di dalam Yesus (iman) maka ia akan menghasilkan  buah-buah kebenaran yang MEWUJUDKAN SEMUA PENURUTAN YANG  OTOMATIS/  ALAMIAH,  TANPA PAKSAAN  pada setiap perintah-perintahnya. INTINYA BAHWA KRISTUS MEMBERIKAN KUASA-NYA pada umat-umat-Nya untuk melakukan kebenaran/menuruti perintah-perintah-Nya.

20.            Yesus  menggunakan  perlambangan  pohon  anggur  untuk  menggambarkan  persatuan  umat percaya dengan  diri-Nya (Yoh. 15:1-6).  Ranting-ranting itu, orang-orang beriman, adalah PERLUASAN ANGGUR SEJATI  KRISTUS.   Seperti halnya setiap ranting dan daun, setiap orang kristen secara individu berbeda  satu  dengan  yang  lainnya,  namun  dalam  kesatuan  mereka  satu  karena  mereka  menerima makanan dari sumber yang sama, Pohon Anggur.  Ranting-ranting anggur itu SECARA INDIVIDU TERPISAH dan TIDAK TERPADU SATU DENGAN YANG  LAIN; namun MASING-MASING RANTING BERADA DALAM PERSEKUTUAN DENGAN YANG LAIN apabila mereka TETAP BERGABUNG PADA DAHAN YANG SAMA.  Semua menerima makanan dari sumber yang sama: Pemberi hidup yang sama.  (Apa  yang  Anda  Perlu  Ketahui  Tentang... Bandung: IPH, 2002, hal 211).


21.            Kesatuan orang kristen itu BERGANTUNG pada keterkaitan SETIAP ANGGOTA  kepada  Kristus, BUKAN SETIAP GEREJA, KARENA Kristus mengakui hanya memiliki satu tubuh saja (Yohanes 10:16).  Dari Dia datang kuasa yang menyegarkan kehidupan kristen.  Ialah yang menjadi sumber talenta dan kuasa yang  diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas jemaat.   Bila bersatu  dengan Dia,  Maka Citarasa, Kebiasaan Dan Gaya Hidup Semua Orang Kristen Dibentuk. Melalui Dia semua anggota digabungkan satu dengan yang lain  kedalam persatuan  untuk melaksanakan misi bersama.   Kalau setiap anggota berada  didalam Dia, maka sikap mementingkan  diri akan  lenyap, kesatuan  kristen ditegakkan  dan menyanggupkan  mereka untuk menyelesaikan tugas yang diemban-Nya.(Ibid..)


CATATAN PENTING UNTUK DI RENUNGKAN KEMBALI BAGI TIAP ANGGOTA JEMAAT:

Dalam buku Wahyu Pasal 3, itu adalah gambaran yang paling jelas mengenai TUBUH KRISTUS /GEREJA ALLAH yang di nubuatkan dalam Wahyu 12:17.  LAODEKIA dan hanya LAODEKIA saja, TIDAK ADA yang lain.  LAODEKIA mungkin cacat, lemah, perlu di nasehati dan Hampir JATUH (Wahyu 3:15-17), namun LAODEKIA BUKANLAH dan TIDAK AKAN PERNAH menjadi BABEL Yang MEMANG sudah JATUH.

MENARIK DIRI KELUAR dari Dahan yang di akui oleh Yesus, DENGAN ALASAN APAPUN, hanya akan menempatkan diri pada posisi yang tertipu dan terjerat oleh olok-olokan dunia: "Engka sudah tertipu. Sangkallah imanmu, dan KATAKANLAH BAHWA PERGERAKAN ADVENT ITU BERASAL DARI SETAN." (Ka 354.2-3).
Jadi yang berbeda dan terpisah itu adalah secara individu/perorangan, demikian juga masing-masing karunia rohani yang Allah berikan adalah secara INDIVIDU, namun masing-masing ranting/Individu ini berada pada DAHAN/KANDANG/GEREJA/ORGANISASI yang sama, YANG YESUS SENDIRI AKUI BAHWA DIALAH SANG KEPALANYA. DAN SUDAH PASTI KEPALA ITU TIDAK AKAN PERNAH BERASLIH KE BADAN YANG LAIN.  Sekiranya berdasarkan pengertian ini setiap Independent/Supporting ministry itu menarik garis pengakuan mereka sebagai suatu pergerakan “Kebangunan ataupun Pembaharuan” yang benar dari ALLAH, dan bukannya MEMISAHKAN DIRI serta mendirikan DAHAN YANG LAIN kemudian MENGAKUI / MEMAKSAKAN Sang Kepala untuk PINDAH KE TUBUH YANG LAIN TERSEBUT, maka gereja pasti akan lebih solid dalam bekerja sama mencapai kemenangan

LAODEKIA TIDAK PERNAH DI PANGGIL KELUAR DARI DAHAN YANG KEPALANYA ADALAH KRISTUS. PANGGILAN UNTUK MEREKA ADALAH NASIHAT KASIH / NASIHAT ANUGRAH YANG MENGAJAK MEREKA MEMBELI “EMAS YANG DI MURNIKAN DARI API”, “PAKAIAN PUTIH” DAN “MINYAK PELUMAS” (WAHYU 3:18)   NASIHAT INI TIDAK BERLAKU KEPADA BABILON KARENA YESUS TIDAK PERNAH MENGAKUI BABILON SEBAGAI TUBUHNYA.  SATU-SATUNYA PANGGILAN YANG DI TUJUKAN PADA BABILON ADALAH “KELUARLAH DARI PADANYA…” (WAHYU 18:2-4)

"Sebab sedikit, bahkan sangat sedikit waktu lagi, dan Ia yang akan datang, sudah akan ada, tanpa menangguhkan kedatangan-Nya.  Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya."  Tetapi kita bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang yang percaya dan yang beroleh hidup.” IBRANI 10:37-39

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.