Selamat Datang di Situs ini...

Terima kasih Sdr/Sdri sudah mengunjungi situs ini. Situs ini kami dedikasikan untuk memberikan informasi kerohanian, KHUSUS bagi anggota GEREJA MASEHI ADVENT HARI KE TUJUH. Silahkan MENDAFTAR dan CARILAH materi-materi kerohanian yang Sdr/Sdri butuhkan di "Daftar Arsip". Kami juga MENGHARAPKAN komentar Sdr/Sdri untuk MENINGKATKAN pelayanan kami. Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati.

Selasa, 18 Juni 2013

Kedatangan Yesus / Isa dalam tradisi Islam

Kedatangan Yesus / Isa dalamtradisi Islam 

Nubuat tentang kedatangan Isa/Yesus tidak hanya disinggung dalam Al-Kitab namun juga dalam ajaran Islam.
Banyak umat Kristen, Islam dan juga Yahudi mempercayai hal ini dan masih menunggu-nunggu digenapinya peristiwa besar yang menjadi tanda sebelum bumi ini berakhir. Ulasan dibawah adalah sebuah tuntunan Roh Nubuat yang menjelaskan kejadian tersebut dilihat dari kebenaran Alkitab dan Islam itu sendiri.


Muhammad menubuatkan bahwa ketika turunnya Isa putra Maryam ditandai dengan beberapa kejadian besar ;
“…Demi Allah yang diriku dalam gengamanNya! Sesungguhnya akan turunkepadamu Ibnu Maryam menjadi hakim yang adil. Maka dipecahnya salib, dibunuhnyababi, dihapuskannya pajak, dan harta kekayaan akan melimpah ruah, sehinggatidak seorang juapun yang mau menerima.” Hadis Bukhari 1090.
Ada tiga tandakejadian yang dapat disimpulkan dari ciri-ciri kedatangan Isa menurut tradisiIslam ;
1.                 sebagai hakim yang adil,
2.                 menghancurkan salib,
3.                 membunuh babi.

Benarkah kejadian tersebut digenapi diakhir tahun nubuatan 2300Pagi dan Petang yang berakhir di tahun 1844, atau tahun-tahun yangmendekatinya?
Audah Al-Masih (kehadiran Isa untukyang kedua kalinya). Konsepsi ini membahas bahwa Al-Masih akan kembali-sebelumterjadi kiamat-untuk menghapus ajaran kaum pagan(penyembah berhala) dan kafir,kemudian memusnahkannya serta memperkukuh kembali ajaran monoteisme (tauhid) dimukabumi ini. (66)
Dipercaya pada akhir jaman nanti kedatangan Yesus/Isaakan meluruskan kebengkokan yang terjadi pada umat Muhammad. (67) Pembaharuanapakah yang dilakukan oleh Isa pada waktu itu?
Isa datang sebagai Hakim yang Adil
Kejadian besar pertama adalahkedudukan ’Isa sebagai Hakim yang adil’, apa yang dimaksud dengan Hadistersebut dan peristiwa apa yang menggenapinya ?
"Hakim yang adil" banyakditafsirkan bahwa Isa akan menghakimi seluruh umat manusia pada akhir jaman diakhirat dengan keadilan. Bukankah hak untuk melakukan penghakiman itu dimilikioleh Allah Ta'ala saja, bila demikian bagaimana hal ini dijelaskan dan tidakmenyalahi ajaran Tauhid dan Kitab Suci itu sendiri.
Ketika nubuat tentang pemulihanIsrael(Bait Allah) diberikan kepada Nabi Daniel, dengan jelas Alkitabmenunjukkan suatu masa  nubuatan yangberakhir di tahun 1844. Sejarah mencatat menjelang berakhirnya masa nubuatan2300  petang dan pagi, dikalangan Kristensangat dominan terjadi sebuah fenomena mengenai digenapinya peristiwaKedatangan Isa di sekitar tahun 1844. Pada waktu itu hampir diseluruh negeri(Amerika & Eropa) yang mayoritas beragama Kristen terjadi sebuah fenomenagerakan menanti kedatangan Kristus yang luar biasa meluasnya, tiada khotbahyang diberikan yang tidak mengajarkan hal demikian, perbincangan-perbincanganrumah tangga dan masyarakat hanya membicarakan tentang hari dan waktu datangnyaKristus yang sudah dekat yang kemudian disebut sebagai gerakan Advent – menantikedatangan Isa. Fenomena ini dimulai sejak tahun 1830-an diawali oleh seorangpendeta dari gereja Baptis bernama William Miller, Thomas de Lacunza-seorangpastor Katolik di Amerika Latin, pendeta Josept Wolff dari gereja Church ofEngland, serta banyak pendeta lainnya yang tidak disebutkan namanya. Bahkansecara aneh anak-anak balita di Switzerland pada waktu yang sama digerakkanoleh Roh Kudus untuk mengkhotbahkan kepada masyarakat umum tentang kedatanganYesus yang akan terjadi dalam waktu yang singkat. Meskipun para pembawapekabaran kedatangan Yesus itu tidak menyebutkan secara spesific tanggal danwaktunya namun semua pembawa pekabaran itu mempunyai pemahaman yang sama bahwa“kedatangan Yesus akan terjadi dalamwaktu beberapa tahun lagi”.
Apakah fenomena aneh ini adahubungannya dengan tradisi bangsa Yahudi dan nubuatan dalam Kitab SuciAl-Kitab?
Ya ! Peristiwa gerakan Pra Kedatangan Isa iniadalah penggenapan makna dari perayaan suci bangsa Yahudi yang harus diadakansetiap tahunnya pada tanggal 1 bulan ketujuh yaitu bulan Tisrih untuk menyambutperayaan besar kemudian yang dikenal dengan nama perayaan YOM KIPPUR atau hariGrafirat/Penghukuman yang jatuh pada bulan kesepuluh.
Pada saat menjelang perayaan itu seluruhpenduduk perkampungan Israel diberikan amaran atau pembaharuan rohani untukmempersiapkan mereka dalam sebuah upacara peribadatan, yang dikenal sebagaiHARI RAYA NAFIRI, atau SERUNI/TEROMPET. Pada saat ini imam-imam Yahudimembunyikan terompet atau Seruni diseluruh perkampungan orang Israel untukmemperingatkan mereka bahwa Hari Penghukuman akan segera tiba, yaitu padatanggal 10 bulan Tisrih itu. Peristiwa yang sama Allah telah persiapkan bagiumatNya untuk mempersiapkan mereka dalam memasuki sebuah makna dari hariPenghukuman yang dilambangkan oleh “Kedatangan Isa”.
Dari tahun 1834- 1844 , sekitar sepuluh tahunWilliam Miller dan pengkhotbah-pengkhotbah lainnya dari berbagai aliran agamaKristen tersebut seolah-olah membunyikan terompet amaran dan membangunkanmereka untuk siap menghadapi “Hari Penghukuman” yang akan dilakukan sepuluhhari kemudian. Ingat dalam nubuatan satu hari sama dengan 1 tahun. Namundemikian  setan sangat licik dan cerdas,pada saat yang sama juga dia memunculkan gerakan sejenis yang menyesatkan,  nabi-nabi palsu dan kebangunan-kebangunanrohani palsu. Pada saat yang sama terlahir juga gereja-gereja lainnya yangmengajarkan kesesatan seperti Saksi-saksi Jehovah, Mormon, dan SpiritualismeModern yang di pelopori oleh tiga kakak beradik yang dikenal sebagai the FoxSisters.
Hari penghukuman atau hari Grafirat, Day ofAtonement, adalah merupakan suatu bayangan dan penggenapan makna nubuatan yaitusuatu masa penghukuman yang besar yang akan berlangsung disorga, sebelumkedatangan Isa Almasih sebagai Hakim yang adil untuk memutuskan hukum kepadaDajjal dan pengikutnya, yaitu para malaikat yang memberontak dan manusia yangmurtad yang tidak berbakti kepada Allah dengan benar sesuai ajaran Alkitab  dan Islam.
Pada waktu itu mayoritas umat Kristenmempercayai bahwa inilah saatnya dimana Isa akan benar-benar datang ! BanyakAhli Kitab yang kemudian menghubungkan masa kedatangan Isa itu dengan nubuatberakhirnya masa pemulihan bait Allah sesuai Kitab Nabi Daniel. Namun merekapada akhirnya kecewa karena tafsiran mereka tentang kedatangan/turunnya Isasecara fisik tidak digenapi, meskipun demikian Allah pada akhirnya memberikanpetunjuk bahwa maksud dari berakhirnya masa tersebut bukanlah artikedatangan/turunnya Isa secara fisik, hal ini lebih berarti kepada makna rohanibahwa Isa mengadakan pembaharuan pengertian (bagi Ahli Kitab) dan bagi umatKristiani untuk kembali kepada ajaran yang benar yang juga dinubuatkan didalamIslam.
Pembaharuan dalam ajaran yang dibawaoleh ”Pergerakan Advent” ini adalah mengenai telah berlangsungnya masapenghakiman manusia di sorga saat ini. Isa telah bertindak sebagai AlMasih-Juruselamat dihadapan Allah sang Hakim Agung untuk menentukan siapa-siapayang selamat dan siapa-siapa yang masuk neraka. Ajaran penghakiman yang sedangberlangsung dari Advent ini membuat perbedaan yang lain antara para penganutpaham Adventis dengan Kristen pada umumnya. Kristen pada umumnya masih menantidigenapinya fungsi Isa sebagai Juruselamat, namun paham Adventis menganggapbahwa Isa sekarang ini disorga sedang melakukan tugas perantaraannya, berfungsisebagai pembela segala dosa-dosa manusia dihadapan Allah.
Namun karena Isa adalah kalimat Allahyang adalah Roh Allah sendiri maka kedudukan Isa adalah sama dengan Allah,sebagai Juruselamat dan sekaligus sebagai Hakim yang adil. Sehingga nubuatanIslam terbukti digenapi ditahun-tahun itu
Isa datang dan menghancurkan Salib
Peristiwa kedua yaitu Isa akan menghancurkan salib. Peristiwaapakah yang menggenapinya ?
Pergerakan Advent yang menyusulkemudian adalah sebuah sejarah yang nyata dimana untuk pertama kalinya dalamsejarah Kristen identitas Antikristus/Dajjal itu diungkapkan. Pada waktu itusangatlah nyaring seruan dari para pembawa pekabaran itu yang menudingkesesatan yang dilakukan oleh Roma(Kepausan), dan seruan untuk meninggalkanajaran yang sesat dari kepausan dan kembali keajaran Tauhid yaitu menyembahAllah yang benar (baca : Pekabaran 3 Malaikat). Tradisi pengagungan salib yangmerupakan symbol ke-Kristenan yang banyak digunakan dalam ritual gereja RomaKatolik seakan-akan telah dipatahkan dengan diungkapkannya bahwa sesungguhnyaPauslah yang dimaksud sebagai si”Pembinasa Keji-Dajjal si Picak mata” yangtelah duduk ditahta, mengaku dan meninggikan diri sebagai Allah di bumi, halini merupakan tamparan dan peristiwa yang sangat menghebohkan bahwa pekabaranAdvent dengan berani dan mampu menunjukkan hal itu.
Pada umumnya umat Kristen sangatlah menghormati salibsebagai barang yang bukan hanya bermakna tetapi juga dianggap suci, karenadihubungkan dengan kematian Yesus. Namun sesungguhnya salib merupakan symbolpenyembahan berhala(paganis) pada masa Yunani kuno yang banyak diketemukansebagai symbol ritual dalam artefak-artefak maupun tulisan-tulisan kuno, salibmerupakan lambang dewa dan penyembahan berhala.
Sejak jaman kerajaan Babilonia, dan bahkan jauhsebelumnya penyembahan kepada dewa matahari dan dewa bulan sudah dipraktekan,yang dimulai oleh Semiramis istri dari Nimrod pendiri menara Babel. SetelahNimrod meninggal karena dibunuh, maka istrinya telah melahirkan seorang anakharam yang diberi nama Tammuz. Tammuz inilah yang kemudian menurut pengakuanSemiramis(ibunya) merupakan titisan dari Roh suaminya yang telah meninggal danmenjadi dewa matahari.

Lambang dari penyembahan kepada dewa matahari itu adalah SALIB, yang jugaadalah huruf pertama dari nama Tammuz, atau huruf “T”(TAU) dalam aksara gerika.Tanda salib ini juga yang digunakan imam-imam bangsa Kafir lainnya sepertiMesir, Gerika(Yunani) dan kemudian Romawi yang memarisi agama kekafiran danmenyembah dewa matahari. Lebih jauh lagi kultus penyembahan kepada ibunya yangdianggap suci, Bunda Suci Semiramis, The Queen of Heaven, Ratu Bulan atau RatuLangit itu kemudian telah menyusup kedalam Gereja Katolik atau Gereja Kristenyang bertahan sesudah tahun 300-an sampai sekarang. Penyembahan kepada patungseorang “Ibu Yang Menggendong Anak” sangat jelas banyak diketemukan di praktek-praktek agama kafir lainnyaseperti di Mesir, Babilonia, Assyria, India, Tiongkok dan Jepang.
Tanpa disadari pula bahwa salib telah masuk kedalam ajaran gereja sehinggasymbol penyembahan berhala sekarang menjadi sesuatu yang suci dan dihormatididalam agama Kristen. Simbol salib kemudian digunakan dalam berbagai ritualkeagamaan baik berupa gerakan tangan maupun tongkat kekuasaan Paus dan bendakeramat pengusir setan. Hal ini sangatlah berbeda dengan umat Nasrani mula-mulayang menggunakan symbol gambar roti, ikan dan burung dara sebagai lambang dansandi diantara mereka dalam berkomunikasi karena kekuasan Roma Katolikmenggunakan lambang salib dalam melakukan aniaya terhadap umat Nasrani yangmasih berpegang teguh kepada ajaran Yesus.
Ya…. kedatangan/turunnya Isa yangdigenapi sebagai pergerakan Advent telah mematahkan salib, agama tradisikekafiran yang diajarkan oleh Paus dan telah merombak agama Kristen untuk kembali keajaran yang benar, menyembah kepada Allah Ta’ala bukan tuhan Paus yang sesungguhnya adalah Dajjal itu sendiri.
Isa datang dan akan membunuh Babi
Bagaimana pergerakan Advent kemudian memenuhi peristiwa ketiga yaitu membunuh babi ? Dalam beberapa ulasan tafsir Islam dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan dibunuhnya babi adalah terjadinya pembaharuan diajaran Kristen sehingga umat Kristen akan berpindah menjadi muslim dan tidak makan babi, sehingga par ababi dibunuh. Demikian sebagian tafsir dari maksud dibunuhnya babi.
Benarkah hal ini terjadi pada waktu itu ? Benarkah gerakan Advent membunuh babi ?
Adalah suatu kenyataan yang mengherankan bahwa tidak lama kemudian secara waktu yang bersamaan ketika ajaran salib itu dipatahkan Allah melalui salah seorang hambaNya (Ellen White)memberikan petunjuk kepada umat Advent melakukan pembaharuan iman dan ajarankembali kepada ajaran Tauhid yaitu tidak memakan sesuatu yang haram termasukbabi seperti yang tertulis dalam Kitab Nabi Yesaya 66:15-17 ;“ Sebab sesungguhnya, Tuhan akan datangdengan api, dan kereta-keretaNya akan seperti putting beliung, untukmelampiaskan murkaNya dengan kepanasan dan hardik-Nya dengan nyala api.
Sebab Tuhan akan menghukum segala yang hidupdengan api dan dengan pedang-Nya, dan orang-orang yang mati terbunuh oleh Tuhanakan banyak jumlahnya.
Mereka yang menguduskan dan mentahirkandirinya untuk taman-taman dewa, dengan mengikuti seseorang yang adaditengah-tengahnya, yang memakan daging babi dan binatang-binatang jijik sertatikus, mereka semuanya akan lenyap sekaligus, demikianlah firman Tuhan.”
Peristiwa ini terjadi pada tahun 1863. Pekabaran tidak makan sesuatu yangharam dan menjijikkan merupakan ajaran dasar daripada Gereja Advent yangmenjadi salah satu tanda perbedaan gerakan Advent dengan denominasi Kristenlainnya. Inilah yang membedakan agama yang Tauhid dan Lurus itu dariagama-agama lainnya yang hanya mempercayai Alkitab tetapi tidak melakukanamanah yang terdapat Kitab Taurat, Zabur dan Injil yang dengan tegasmengajarkannya. Dengan alasan sudah dihapuskan dan ditiadakan oleh Yesus,dengan mengikuti “seseorang yang ada ditengah-tengahnya” yang bermata picak danmulut yang menyombongkan diri sebagai Allah.
Nubuat kedatangan/turunnya Isa dalam Islam secara nyata digenapi dengan datangnya/turunnya ilham dari Allah melalui ”PergerakanAdvent” yang dengan jelas sesuai dengan nubuat 3 kejadian besar yaitu“bertindak sebagai hakim yang adil, dipatahkannya salib dan dibunuhnya babi”yang bermakna secara rohaniah, bukan secara fisik dan dipenuhi oleh munculnyaGereja Advent sebagai keturunan terakhir dari bani Ishak, pengikut Isa Al-Masihyang Hanif yang merupakan “The People of the Book” yang menyebut diri sebagaiNasrani sahabat Muhammad.
Umat Advent mempercayai bahwakedatangan Isa secara fisik akan terjadi pada akhir masa yang terakhir, Isaakan turun untuk menjemput umat-umatNya bangkit dari kubur, diubahkanhidup-hidup untuk menikmati sorga yang telah disediakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.