Selamat Datang di Situs ini...

Terima kasih Sdr/Sdri sudah mengunjungi situs ini. Situs ini kami dedikasikan untuk memberikan informasi kerohanian, KHUSUS bagi anggota GEREJA MASEHI ADVENT HARI KE TUJUH. Silahkan MENDAFTAR dan CARILAH materi-materi kerohanian yang Sdr/Sdri butuhkan di "Daftar Arsip". Kami juga MENGHARAPKAN komentar Sdr/Sdri untuk MENINGKATKAN pelayanan kami. Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati.

Selasa, 18 Juni 2013

Nabi-nabi Tionghoa bernubuat tentang kedatangan Mesias

Suatupembahasan yang unik tentang nubuatan tentang kedatangan Mesias (Yesus Kristus) yang dibuat oleh nabi-nabi purbakala bangsa Tionghoa. Fakta-fakta yang membuktikan Tuhan Allah Penciptasemesta alam adalah sumber hikmat dan inspirasi dari nabi-nabiNya sejak dariawal kejadian alam sampai akhir zaman.

Tiongkok Dalam Nubuatan Alkitab
Rencana Keselamatan dari Allahmencakup seluruh dunia serta diuntukkan bagi seluruh umat manusia. Selain itu, Alkitab mengatakan bahwa Rencana Keselamatan Allah itu sudah ada sebelum duniaini diciptakan. Sebelum menciptakan dunia ini Allah yang Mahatahu sudahmengetahui apa yang akan terjadi lama sebelumnya hal itu terjadi. Untukmembedakan diriNya dari ilah-ilah palsu yang disembah bangsa-bangsa kafir, Tuhan Allah berkata bahwa hanya Dialah yang mengetahui apa yang terjadi dariawal awalnya.
Ingatlahhal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya Akulah Allah dan tidak adayang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku, yang memberitahukandari mulanya hal yang kemudian dan dari zaman purbakala apa yang belumterlaksana, yang berkata: Keputusan-Ku akan sampai, dan segala kehendak-Ku akanKulaksanakan. (Yesaya 46:9, 10)

Rencanakeselamatan Allah tidak terbatas hanya kepada bangsa Yahudi saja, melainkanbagi semua umat manusia diseluruh muka bumi. Dengarkanlah apa yang Diakatakan tentang hambaNya, Mesias yang akan menjadi Juru Selamat semua manusia. "Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, untukmenegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yangmasih dilindungi. Tetapi Aku akan membuat engkau menjadi terang bagibangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi." ( Yesaya 49:6

 Didalamayat-ayat berikut ini kita melihat bagaimana Yesus itu sudah ditentukan untukmenjadi Terang bagi setiap manusia yang terlahir keatas dunia ini, tanpamemilih bulu.

Berbicaramengenai Yohanes Pembaptis sebagai perintis untuk membuka jalan bagi Yesussebagai Terang Dunia, Rasul Yohanes menuliskan: "Ini bukan terangitu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu. Terang yangsesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia." (Johanes1: 8, 9)
 Didalamayat berikut kita melihat bagaimana dikatakan bahwa berita keselamatandisampai-kan keseluruh dunia bagi siapa saja yang mau mendengarnya.

"Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. Tetapiaku bertanya: Apakah mereka tidak mendengarnya? Memang mereka telahmendengarnya: 'Suara mereka sampai ke seluruh dunia, dan perkataan merekasampai ke ujung bumi.'" (Roma10: 17,18)
Sayangnya tidak semua orang mau menerima kabar baik itu. Ayat 16 "Tetapi tidak semua orang menerima kabar baik itu."

"Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untukmelimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadapDia." (2 Tawarikh 16:9) 

Sementaraanda membaca ayat-ayat diatas tadi, apakah yang timbul dalam pikirananda? Apakah Anda berpikir bahwa Allah tidak mau menyelamatkan semuaorang yang ada didalam dunia kalau Dia bisa lakukan itu. Tentu sajatidak, bahkan Allah sangat ingin agar tidak ada satu pun yang binasa.

Adabangsa-bangsa lain yang sudah muncul sebelum bangsa Israel lahir ke dunia.Mereka adalah antara lain bangsa Mesir, Kasdim, Moabi, Heti, Median, Pilistin, Asiria, dan tentu saja, bangsa Tionghoa, meskipun mereka itu hidupnya terpisahjauh dibelahan dunia timur. Mengapa Tuhan Allah tidak memilihseorang lain pada gantinya Abraham yang adalah orang Kasdim asalnya?Jawabannya adalah, karena Dia tidak dapat menemukan seorang lain yang hatinyalebih sempurna ditujukan kepada-Nya selain dari Abraham, dan Tuhan sudahmelihat dari awal bahwa pada saat Messiah sudah ditentukan nanti, hanyaketurunan Abrahamlah yang paling siap untuk menerima Juruselamat Dunia itudisekitar tahun 4 Sebelum Tanggal Masehi, meskipun hanya segelintir kecil saja, sementara yang lainnya tidak siap untuk menerima Dia, bahkan menolakkedatanganNya.
Tetapiwalaupun demikian itu bukan berarti Dia tidak memiliki saksi-saksinya diantarabangsa-bangsa yang lain, meskipun nama-nama mereka itu tidak disebutkandalam Alkitab. Namun dari ayat dibawah ini kita bisa melihat bahwa TuhanAllah bukan tidak memiliki saksi-saksinya yang setia diantara bangsa-bangsalainnya.   

"Dalamzaman yang lampau Allah membiarkansemua bangsa menuruti jalannya masing-masing, namun bukan Ia tidak menyatakan diri-Nya denganberbagai kebajikan" (KisahPara Rasul 14:16,7) Dalam bahasa Inggrisnya (KJV) ayat ini berbunyi ... "In bygone generations (He) allowed all nations towalk in their own ways. NeverthelessHe did not leave himself without witness ....." (Acts 14:15-17) "dalamgenerasi-generasi yang lampau Allah membiarkan semua bangsa menuruti jalannyamasing-masing, namun bukan Ia tanpa meninggalkan saksinya diantara mereka"

Dapatkah Anda menyebutkan beberapa nama saksi-saksi Tuhan yang bukan orangYahudi? Adam, Habel, Henokh, Nuh .... Itu adalah beberapa diantaraorang-orang yang bukan bangsa Yahudi, mereka hidup sebelum bangsa Yahudi lahirkedunia, tetapi mereka adalah saksi-saksi TuhanYang setia. Ingat bahwa Alkitab itu adalah bukunya orangYahudi. Semua penulisnya yang 45 orang itu tanpa kekecualian adalahorang-orang Yahudi, sehingga tidak heran kalau mereka hanya mencatat sejarahmengenai bangsanya saja. Namun demikian Alkitab ada menyebutkan bahwa Tuhan Allahmempunyai banyak saksi-saksinya atau umatNya yang setia diantara bangsa-bangsalain yang dianggap kafir oleh orang Yahudi, yang kata Yesus nanti akan mendapatkehormatan duduk makan sehidangan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di Sorgananti. "Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur danBarat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub didalamKerajaan Sorga." (Matius 8:11).

Menurutcatatan sejarah bangsa Tionghoa, di Tiongkok sudah ada pemerintah pada tahun 2205STM. Ini tidaklahmustahil oleh karena parapenyelidik Alkitab sepakat bahwa Air Bah itu terjadi pada tahun 2348 STM, danmenara Babel diperdirikan pada tahun 2247 STM, hanya sekitar seratus tahunkemudian. Dan pada waktu itu Nimrodadalah adalah seorang raja dari Kerajaan Babel yang pertama. Selainitu mereka juga telahmenemukan tulisankuno di tulang-belulang yang dinamakan "Jia Gu Wen"???, Dan ternyata dari penemuan ini bahwabangsa Tionghoa sudah memiliki karakter merekawalaupun masih sederhana, lebih dari 4000 tahun yang lalu.

Untukberabad-abad lamanya orang-orang Tionghoa dizaman lampau telah menyebutkan negerimereka sebagai "Shen Zhou" (The Land of God), atau "NegeriAllah" Selain itu sangatlah menarik untuk diketahui bahwa berbedadengan bangsa-bangsa lain seperti Mesir, Asur, Babilon, Persia, Yunani, Romawidan India, yang dalam penggalian barang-barang kuno mereka ada banyakpatung-patung atau ukiran dan lukisan yang merupakan orang-orang dalam keadaantelanjang dan bersifat cabul, dipenggalian barang-barang kuno Tiongkok tidakpernah diketemukan hal-hal yang seperti itu. Gambar-gambar danpatung-patung yang bersifat porno hanya diketemukan kemudian karena pengaruhdari bangsa-bangsa asing lainnya dan diimpor dari luar Tiongkok.

Orang-orangTionghoa mengenal beberapa nama yang mereka anggap sebagai orang-orang yangsuci atauberstatus nabi padapandangan mereka. Mereka ini adalah guru-guru besar dan orang bijaksanayang dianggap sebagai orang suci. Tiga diantaranya yang paling terkemukaadalah: Lao Zi?? (570STM), yang dikenal sebagai pendiri dari Taoisme (Daoism).

KongHu Tzu?? (Kong Zi551 - 479 STM), adalah seorang yang paling dihormati oleh bangsaTionghoa, dan dianggap nabi yang besar, dan ucapan-ucapannya sangat terkenal dan dihargakan. Pengikutnya kemudian telah mendirikan agama yang dinamakan agama KongHu Tzu atau Confucianism. 

Tokohyang ketiga yang dianggapsebagai nabi ialahMencius?? (Meng Zi372-289 STM). Selain itu orang-orang Tionghoajuga menganggap Yao dan Shun sebagai nabi-nabi yang hidup dizaman prasejarahTiongkok yaitu sebelum tahun 2205 STM, serta dua oranglainnya yaitu Raja Wen dan Bangsawan Zhou. Dengarkan apa yang dikatakan oleh Lao Zi tentang Dao? JFT (Tao) yang diterjemahkan dengan kedalam bahasa Indonesia sebagai? Firman? Atau? Sabda?,? Kebenaran?atau Jalan. Bukankah sangat mengesankan bahwa didalam Alkitab Yesus jugadisebut sebagai Firman dan Jalan dan Kebenaran (The Word The Way, and theTruth). Perhatikan ucapan berikut dari Lao Zi:

Tengoklah, Dia tak terlihat - Dia tak berwujud. Dengarkanlah, Dia takdapat didengar - Dia tanpa suara. Raihlah, Dia tak bisa dipegang-Dia tak tersentuh. Ini adalah tiga hal yang tak dapat diuraikan: Sebabitu ketiganya itu menjadi satu. Tetaplah tinggal dengan Tao; Bergeraklah denganwaktu sekarang. Mengenal awal permulaan zaman adalah intisari dari Tao. - The Chinese Classics, Vol I, (Taipei: SMC Publishing, Inc., 1983), ConfucianAnalects, Bk. IV, Ch. 14, p. 16    

Perhatikanbahwa Tao (Dao -?) Pada zaman purba itu digambarkan olehLao Zi sebagai Tiga hal yang tidak dapat diuraikan dan bergabung menjadiSatu! kalau itu adalah tanpa wujud, bagaimana sampai Lao Zi dapatmelihat, mendengar dan mengetahuinya? Kelihatannya Lao Zi telah mengalamisesuatu yang supranatural, diluar alami.

Ketikarasul Paul berbicara tentang khayal dan wahyu Tuhan, dia berkata, "akutahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau, entah didalamtubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yangmengetahuinya ... Orang itu tiba-tiba diangkat ke Firdaus dan ia mendengarkata-kata yang tak terkatakan, yang tidak bisa diucapkan manusia. " (2Korintus 12:2-4) Dapatkah Anda melihat persamaannya yang dialamai oleh Lao Zidan rasul Paulus?

Marikita perhatikan lebih lanjut apa yang digambarkan oleh Lao Zi tentang Dao yang dilihatnya dalam khayal itu:
Sesuatuyang misterius telah terjadi, Telah berada sebelumnya langit dan bumi didalamkesunyian dan kehampaan, Berdiri sendiri dan tidak pernah berubah, tetap hadir dalam gerakan yang berputar. Mungkin Dia adalah asal mulanya berjuta-jutabenda, Aku tidak mengetahui namanya. Aku sebutkan saja Tao (Firman atauJalan), Karena tidak ada kata-kata yang lain yang bisa kugunakan, Aku menamakannya "Yang Mahakuasa." - Gia Fu Feng and Jane English, Translationof Lao Zi, Tao Te Ching (Toronto: Vintage Books, Random House, Inc. 1989), Ch. 25, p. 25.

Sesudah memberikan namanya, Lao Zi melanjutkan uraiannya tentang Firman atau Jalan yang Mahakuasa itu kepada pendengar-pendengarnya.

Manusiamengikuti bumi, bumi mengikuti benda-benda langit; Benda-bendalangit mengikuti Dao, Dao itu mengikuti jalanNyasendiri. - Ibid., Ch. 25, 27

 Bandingkanlah ucapan "Dao mengikuti jalannya sendiri" dengan "AKU ADALAH AKU" (Keluaran3: 14) Kedua ucapan ini menyatakan bahwa yang disebutkan itu merupakan sesuatu atau oknum yang paling tinggi tidak ada yang melebihi mereka. Jadi Dao dan "AKU ADALAH AKU" itu adalah merupakan Kekuasaan yang tertinggi, yang mengikuti kemauan dan hukumNya sendiri. Kedua ucapan ini sama, maksudnya ialah: Pembuat Hukum yang ada dengan sendirinya, tidak diciptakan oleh siapapun.

Jadikita dapat melihat dari ucapan Lao Zi dan Musa, Dao itu adalah Pencipta darisegala sesuatu.Dao yang dituliskan dalam buku Klasik Tiongkok adalah Allahnya Alkitab. Sekarang coba kita perhatikan bagaimana caranya Dao itu menciptakan segala sesuatu.

Langitdan bumi sudah diciptakan dari sesuatu. Sesuatu yang datangnya dari yang tidakberwujud. - Ibid., Ch. 40., P. 42.

Sekarangbandingkan itu dengan ucapan rasul Paulus dalam Iberani 11:3 "Karenaiman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tida dapat kitalihat."

Dengankata lain, Allah Pencipta itu telahmenciptakan segala sesuatu bukan daribahan yang sudah ada sebelumnya. Sekarang dengarkan ucapan dari Lao Zi yangpaling terkenal dan sering disebutkan oleh orang-orang Tionghoa tapi palingpenuh dengan misteri.

Daoitu ada sebagai satu. Satu itu ada sebagaidua. Dua ada sebagai tiga. Dan yang tiga itu menciptakan segalasesuatu. - Ibid., Ch. 42., P. 44.

OrangTionghoa sudah lama ingin mengetahui apa arti sebenarnya dari ucapan-ucapandiatas itu dan sampai sekarang masih belum mendapatkan jawaban yangmemuaskan. Tetapi kalau kita membandingkannya dengan ayat-ayat yang berikut ini, maka kita akan melihat bahwa jawabannya cukup jelas:

"Padamulanya adalah Firman: Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman ituadalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidakada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia adahidup dan hidup itu adalah terang manusia. (Johanes 1:1-4)

"Mendekatlahkepada-Ku, dengarlah ini: Dari dahulu tidak pernah Aku berkata dengan sembunyidan pada waktu hal itu terjadi Aku ada di situ. Dan sekarang, TUHAN Allahmengutus Aku dengan Roh-Nya." (Yesaya 48:16). "Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (didalamsorga: Bapa, firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.) "(1Johanes 5:7).

Sekarangmari kita tinjau beberapa nubuatan yang telah dibuat oleh Lao Zi, Konfusius danMencius tentang kedatangan Mesias. 

Nabi-nabibangsa Tionghoa dari dahulu sudah menyebut-nyebutkan tentang? Orang Suci?,?? (ShengRen). Siapakah Orang Suci ini? Mungkinkah itu salah satu darinabi-nabi itu sendiri? Kong Hu Cu (Confucius) dianggap sebagai orangbijaksana atau guru yang terbesar, tetapi dia tidak pernah membiarkanmurid-muridnya menyebutkan dia sebagai Orang Suci itu. Mencius mencatatpercakapannya dengan muridnya yang bernama Zi Gong: 

Zigong pernah bertanya kepada Konfusius, katanya, "Guru, apakah Anda OrangSuci itu?" Konfusius menjawab kepadanya, "Aku tidak mungkin akanmencapai upgrade Orang Suci itu. Aku belajar tanpa mencapai kepuasan danaku mengajar tanpa menjadi letih." Zi Gong berkata, "Anda belajartanpa mencapai kepuasan: - itu menunjukkan Anda seorang yang bijaksana. Anda mengajar tanpa menjadi letih: - itu menunjukkan Anda seorang yang sangatpenuh kebajikan. Penuh kebajikan dan bijaksana: - Guru, kalau begituandalah Orang Suci itu. "

Konfusius menjawab, "Nah, sekarang Anda mau menempatkan gelar Orang Suci itu kepadadiriku? Anda ini sedang ngawur." - The Chinese Classics, Vol. I, The Works of Mencius, Bk. II, Pt. I, Ch. II, 19, pp. 192 - 193.
Dengarkanlah uraian tentang Orang Suci itu yang diberikan oleh Confucius:

"Alangkahagungnya Jalan dari Orang Suci itu. Bagaikan air yang meluap, itu memberikan kehidupan kepada semuanya dan Dia naik mencapai ketinggian langit. Keagungannya sempurna! Dia memenuhi ketiga ratus hukum upacara, dan ketiga ribu hukum perilaku pemerintah. Semuanya itu menantikan Orang yang Tepat, barulah itu digenapi. - The Doctrine of the Mean, Ch. XXVII, p. 422.
Bandingkanlah itu dengan ayat-ayat yang berikut ini: Hosea 8:12; Yesaya 42:21; Hebrews 1:3; Hebrews 10:5-7; Matius 5:17.
Sebabitu Orang Suci berkeliling berbuat tanpa aksi (action) mengajar tanpakata-kata, Menciptakan, namun tidak memiliki, Bekerja namun tidak mengambilkredit bagi diriNya pekerjaannya tuntas, namun tidak membanggakan diri. Sebab itu karyanya tetap selamanya. - Gia Fu Feng and Jane English, Translation of Lao Tsu, Tao Te Ching, (Toronto: Vintage Books, Random House, Inc., 1989) Ch. 2, p. 4.

Bandingkanlahdengan Kolosi 1:16: "Karena didalam Dialah telah diciptakan segalasesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidakkelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia . "

Yohanes5: 19 "Maka Yesus menjawab mereka, kataNya: 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.'"

Iberani5: 9 "Dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokokkeselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepadaNya."

2 Petrus 1:11 "Dengan demikian kepadamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus."

OrangSuci itu menyediakan santapan rohani bagi yang bijaksana dan dengan demikianmencapai seluruh umat manusia. Betapa indahnya saat penyajian santapanrohani itu. --Wilhelm/Baynes, The I Ching or Book of Changes (New York: Bolingen Foundation, Inc., 1967), Bk. III: The Commentaries, p. 521.

Bandingkanlahini dengan Yohanes 6:51 "Akulah roti hidup yang turun dari sorga.Jikalau sesorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia." Johanes 4: 14 "Tetapi barang siapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."

Dari mulai pertama sampai sekarang, namaNya tidak pernah hilang, supaya Bapa dari segala sesuatunya dapat dilihat. Dari siapakah aku dapat melihat peta dari Bapa segala sesuatu itu?Darinya.             
 - GiaFu Feng and Jane English, Translation of Lao Tsu, Tao Te Ching, Ch. 3, p. 5.

Bandingkan itu dengan Yohanes 14:9 "Kata Yesus kepadanya: Telah sekian lamaAku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami."

Kolose1: 15 "Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan."

Sebabitu untuk diangkat menjadi raja, dengan tiga pegawainya, Dan dihadiahkan dengan perhiasan dan sejumlah kuda, Tidaklah sebaik duduk dengan Dao itu. Mengapa sampai Guru-guru purbakala begitu menghargakan Dao? Karena kalau Anda menjadi satu dengan Dao itu, Bila Anda mencari, Anda akan menemukan; Bila Anda melakukan dosa, Anda dapat diampuni. Itulah sebabnya setiap orang mengasihi Dao itu. - Gia Fu Feng and Jane English, Ch. 62, p. 64.

Bandingkanlah dengan Matius 6:33 "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu."

Markus2: 10 "Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusiamengampuni dosa."

1Johanes 1:9 "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."

Dao itu adalah rahasia dari jutaan benda, Dia adalah hartanya orang yang baik dan Mediator (Pelindung) dari orang yang jahat. - Ibid.

Kolose2: 2 "Supaya hati mereka terhibur dan mereka bersatu dalam kasih, sehingga mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian dan mengenal rahasia Allah, yaitu Kristus."

1Timotius 2:5 "Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus."

1Johanes 2:1,2 "Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita memiliki seorang pengantara pada Bapa yaitu Yesus Kristus, yang adil."
Orang Suci itu tahu yang putih, Tetapi Dia menerima yang hitam. - Ibid., Ch. 28, p.30.

Bandingkanlah dengan 2 Korintus 5:21 "Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan olehAllah."

Didalam bahasa Tionghoa kata "kebenaran" itu adalah "yi"? yang dituliskan sebagai berikut: "domba"? ("yang") diatas: "Aku"? Sedangkan kata "Aku" atau "wo" itu sendiri adalah kombinasi dari "tangan"? atau "shou" dan "tombak"? ("Ge"). Dengan katalain, untuk menerima kebenaran itu atau menjadi benar, "Aku"? orang berdosa ini (hitam) harusditudungi oleh "Domba"? ("yang") yang tak berdosa (putih), yangmengorbankan diriNya menghapus dosa-dosaku, dan "aku"? ("wo") inilah sebenarnya yang menyebabkan kematian dari Domba itu. Akulah tangan yang memegang tombak untuk membunuh "Domba" itu. Dosaku telah menyebabkan kematian dari Anak DombaAllah, untuk memberikan "kebenaranNya"? ("Yi") kepadaku.

Sebab itulah Orang Suci itu memeluknya, dan memberikan teladan untuk semua. - Ibid., Ch. 22, p.24.

Bandingkanlahini dengan Matius 11:29 "belajar-lah pada-Ku, karena Aku lemah lembutdan rendah hati" Dan Yohanes 13:12-15 "Sesudah Iamembasuh kaki mereka, Ia mengenakan pakaiannya dan kembali ke tempatnya. Lalu Ia berkata kepada mereka: 'Mengertikah kamu apa yang telah Kuperbuatkepdamu? Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebabmemang Akulah Guru dan Tuhan. Jikalau Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, makakamupun wajib saling membasuh kakimu; sebab Aku telah memberikan suatu teladankepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuatkepadamu. "

Kata "teladan"? "Yang" dalam bahasa Tionghoa adalah gabungandari "pohon"? ("Mu") ("Akuadalah pokok anggur"), "Domba"? ("Yang") dan "air"? Dengan "setetes air" diatasnyamenjadikan itu "permanen"? ("yong"). Dengan kata lain Teladan kita, TuhanYesus, adalah (pokokAnggur), (Anak DombaAllah), (Air Kehidupan) dan adalah (Bapa Kekekalan) dan kalau kita mengikuti "teladannya", maka kita akan mendapatkan "kehidupan yang kekal".

Tidakpernah membiarkan DiriNya sendiri, Dia tetap cemerlang. Dengan tanpamenyombongkan Diri, Dia mendapat pengakuan. Tanpa membanggakan, Dia tidakpernah goyah. Dia tidak pernah bersikeras, sebab itu tiada seorangpunyang dapat mengalahkan Dia. - Ibid., Ch. 22, p. 24.

Bandingkanini dengan Markus 11:27-33 "Lalu Yesus dan murid-muridNya tiba pula diYerusalem. Ketika Yesus berajalan di halaman Bait allah, datanglahkepadaNya imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua dan bertanyakepadaNya: 'Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dansiapakah yang memberikan kuasa itu kepadamu, sehingga Engkau melakukan hal-halitu? ' Jawab Yesus kepada mereka: 'Aku akan mengajukan satu pertanyaankepadamu. Berikanlah Aku jawabnya, maka Aku akan mengatakan kepadamudengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu. Baptisan Yohanes itu, dari sorga atau dari manusia? Berikanlah Aku jawabnya!'Merekamemperbincangkannya diantara mereka, dan berkata: 'Jikalau kita katakan: Darisorga, Ia akan berkata: Kalau begitu, mengapa kamu tidak percayakepadanya? Tapi masakan kita katakan: Dari manusia!' Sebab merekatakut kepada orang banyak, karena semua orang menganggap bahwa Yohanesbetul-betul seorang nabi. Lalu mereka menjawab Yesus: "Kami tidaktahu. ' Maka kata Yesus kepada mereka: 'Jika demikian, Aku juga tidakmengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu.'

Johanes8 :2-11 "Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Allah, dan seluruhrakyaat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka. Makaahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi kepada-seorang perempuanyang kedapatan berbuat zinah. Mereka menempatkan perempuan ituditengah-tengah lalu berkata kepada Yesus: "Rabi, perempuan ini tertangkapbasah ketika ia ssedang berzinah. Musa dalam hukum Tauratmemerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu? ' Mereka mengatakan hal itu untukmencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah. Dan ketikamereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkatakepada mereka: 'Barangsiapa diantara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yangpertama melemparkan batu kepada perempuan itu. ' Lalu Ia membungkuk puladan menulis ditanah. Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnyatinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap ditempatnya. "

Sebabitu Orang Suci itu baik dalam menyelamatkan semua orang, sehingga tidak adasatu pun yang diabaikan. Dia mengurus semuanya. Dan tidakmeninggalkan satu pun juga. - Ibid., Ch. 27, p.29.

Bandingkandengan Matius 10:29-31 "Bukankah burung pipit dijual dua ekorseduit? Namun seekorpun dari padanya tidak akan jatuh kebumi di luarkehendak Bapamu. Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung semuanya. Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyakburung pipit. " 

 Petrus3: 9 "Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, meskipun ada orang yangmenganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Iamenghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua berbalik danbertobat."

Orangyang menutup pintu dengan baik, menutupnya tanpa menggunakan kunci. Namundemikian tak ada seorang pun yang dapat membukanya. Orang yang membuatsimpul tali tanpa menggunakan tali, namun tak ada seorangpun yangdapat menguraikannya. - Ibid.

Bandingkanitu dengan Wahyu 3:7 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat diFiladelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, yang Benar, yang memegangkunci Daud; ketika Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; ketika Iamenutup tidak ada yang dapat membuka."

Wahyu3: 20 "Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau adaorang yang mendengar suaraku dan membukakan pintu, Aku akan masukmendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-samadengan Aku." Hosea 11:4 "Aku menarik mereka dengan talikesetiaan, dengan ikatan kasih. Bagi mereka Aku seperti orang yangmengangkat kuk dari tulang rahang mereka; Aku membungkuk kepada mereka untukmemberi mereka makan. "

Tidakada seorangpun diatas dunia ini yang dapat memenuhi semua karakteristik mengenaiOrang Suci yang diberikan oleh nabi-nabi Tiongkok purbakala ini, kecuali YesusKristus, Sang Messiah.Ucapan yang diatas "Sebab itu Orang Suci itu baikdalam MENYELAMATKAN SEMUA ORANG", adalah suatu gema yang sangat mengherankan dari Yohanes 3:16. Kalau Anda membuka Kamus Inggris-Mandarin (English-Chinese Dictionary) dan melihat disitu definisi dari kata "Saviour", maka Anda akan menemukan kata-kata ini: Jiushizhu. "Jiushizhu" artinya adalah "Tuhan Yang Menyelamatkan Dunia." Siapakah Tuhansatu-satunya yang dapat menyelamatkan dunia?

Hanya Yesus, Tuhan dan Pencipta dunia ini yang harga nyawaNya dapat menjadi tebusanseluruh isi dunia!
Sayaharap pelajaran ini telah menguatkan iman anda terhadap Alkitab danmemperbaharui kasih, pengabdian dan dedikasi anda kepada Juruselamat kita TuhanYesus Kristus, Raja diatas segala raja, dan Tuhan diatas segala tuan, Pencipta semesta alam namun telah rela mengorbankan Dirinya untuk mati sebagaiAnak Domba Allah agar dapat menyelamatkan isi dunia! Dialah Orang Suciyang dinubuatkan oleh nabi-nabi Tiongkok kuno itu, hanya sayang danmenyedihkan karena mereka telah dibutakan oleh agama-agama asing dari negaralain, sehingga mereka berpaling dari menyembah Shangdi dan Jiushizhu yangsesungguhnya, yang mereka sebenarnya sudah kenal lebih dahulu sebelumberdirinya gereja Kristen. 

Adalah menjadi tugas kita untuk membawakanInjil itu kembali kepada mereka, karena Tuhan Yesus berkata hanya setelah ¡° Injil Kerajaan ini diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semuabangsa (termasuk bangsa Tionghoa) sesudah itu barulah tiba kesudahannya. 

PujiTuhan karena meskipun rezim Komunis selama lima puluh tahun lebih telahberusaha untuk menghapus semua agama dari rakyat Tiongkok yang berjumlah sekitar 1,3 milyard itu, mereka tidakberhasil dalam usaha itu. Jutaan orang di Tiongkok sedangditobatkan kepada Messiah, Tuhan Yesus Kristus yang dinubuatkan para nabi Tiongkok Purbakala.


PARA PENGINJIL REMAJA menaklukkan Tiongkok

Para remaja dan anak-anak sedang dipakai oleh Tuhan untukmengabaran Injil di Tiongkok.Kesaksian yang berikut ini adalah mengenaigerakan penginjilan yang sedang dipakai oleh Tuhan di Tiongkok. Orang-orangmuda berjalan dari satu desa ke desa lainnya untuk menyampaikan kabar InjilKeselamatan. Ini adalah satu langkah dimuka dari para tim penjagakeamanan yang berusaha menekan derap langkah kemajuan gerakan Injil yang sedangmenjamur dengan pesatnya di negeri itu. Detail dari gerakan ini telahdiperoleh ketika seroang Evangelist dari the American Healing mengunjungiTiongkok untuk mengamati situasi disana. Pada saat menghadiri suatupertemuan rahasia dengan pemimpin-pemimpin dari gerakan gereja bawah tanahdisana, mereka mendengarkan kesaksian yang diberikan oleh dua orang gadisbelasan tahun yang menunjukkan karakteristik yang khas dari penginjil-penginjilmuda disana. Kedua gadis belasan tahun itu menceritakan bagaimana mereka meninggalkan rumah mereka dua kali setahun untuk mengadakan penginjilan selamasatu bulan penuh setiap kalinya. who show typical characteristics ofyouth evangelists there. Dengan hanya bekal sekitar US $ 25.00 dikantong merekauntuk makanan dan ongkos-ongkos perjalanan, Merea bergerak dari satu kotakekota lainnya mengabaran Injil sampai ada yang bertobat. Biasanya orang-orangyang bertobat ini mengundang kedua penginjil remaja ini untuk tinggaldirumah mereka. Mereka yang baru bertobat itu kemudian mengundangkeluarga dan teman Merea untu mendengarkan kabar Keamanan didalamYesus.

Setelah satu gereja diperdirian di desa atau kota itu, keduaevangelist muda itu melanjutkan perjalanan mereka ke desa yang lainnya. Seringkali mereka harus berteduh di bawah pohon-pohon atau tidur diudara terbukakalau mereka tidak mendapat tempat yang lebih baik. Mereka menunjukkan kakimereka yang melepuh dan berdarah karena perjalanan mereka yang lalu yangberlangsung selama 40 hari dimana mereka menyusur pinggiran kota yangtertentu. Selama jangka waktu itu mereka berhasil memperdirikan 18 jemaatdengan jumlah anggota rata-rata 40 masing-masingnya.

Kedua penginjil muda itu juga membagi pengalaman merekadimana banyak mujizat telah terjadi pada waktu mereka berdoa. Salahseorang diantara mereka menyaksikan bagaimana Tuhan rindu untuk melihatpengikut-pengikutNya mengkhotbahkan pekabaran Injil-Nya dan menyaksikanbagaimana Yesus dapat kerjaan ketika mereka memiliki iman untuk melakukannya.Dalam salah satu perjalanan mereka minggu yang sebelumnya, mereka telah tiba disatu tepi pantai dan setelah berkhotbah dialam terbuka, ada 10.000 orang yangmenerima Kristus.Meskipun ada juga anak-anak lelaki yang berpartisipasidalam penginjilan, namun mereka biasanya mengirimkan lebih banyak anak-anakperempuan kedaerah yang baru, karena orang-orang desa lebih tidak curiga melihatmereka dari melihat sepasang anak lelaki memasuki desa atau kota mereka.Walaupun laporan tentang mujizat-mujizat tetap bertambah, namun tidak adaseorangpun dari pemimpin-pemimpin gereja itu yang mengakui bahwa sukses merekaitu adalah melalui usaha mereka sendiri. Pempimpin-pemimpin gereja ituhanya mengatakan bahwa mereka semua adalah bersaudara dalam Yesus, dan merekabekerja bersama-sama bergandengan tangan untu kemuliaan Tuhan. Seorang dianaramereka berkata, "Banyak diantara kami yang disebut pemimpin hanyalahmempunyai pendidikan sekolah dasar. Pendidikan kami sangat sedikit, bagaimana mungkin kami dapat melakukan pekerjaan yang begitu besar? Kamisemua percaya bahwa sukses ini semuanya telah terjadi semata-mata karenapekerjaan dari Roh Kudus." 

Samuel Wang adalah seorang yang dulunya adalah pemimpin gerakanYoga dan juga pemimpin dari Hari Krishna di Beijing. Pada suatu hari diamendengar siaran acara dari Adventist World Radio dalam bahasa Mandarin yangsangat menarik perhatiannya. Setelah beberapa kali mendengarkan acaradari stasiun radio itu, dia yakin bahwa Kristus adalah satu-satunya "TuhanYang MENYELAMATKAN DUNIA"??? (Jiushi Zhu)

Samuel Wang kemudian dibaptis oleh Pendeta David Lin disebuah bak mandi dalam kamar disalah satu hotel di Beijing. Sekarang dia sangatgiat bekerja sebagai penginjil publik dan telah melakukan banyak seminar dan KKRdi beberapa negara. Dua tahun yang lalu bersama dengan Dr.Ethel Nelson, yang telah menuliskan beberapa buku tentang karakter Tionghoa mempunyaipersamaan yang mengagumkan dengan kisah Alkitab tentang Penciptaan dan RencanaKeselamatan, mereka telah mengadakan seminar di Gereja Baptis Auditorium yangada di Singapore. Mereka berdua telah menulis buku yang berjudul "Godand the Ancient Chinese". Mereka telah mengundang saya ke Singapura untuk bertemu dengan mereka disana dan meyakinkan kepada saya untuk menyebarkan berita yang luar biasa ini dan membagikannya khusus kepadamasyarakat Tionghoa baik di Indonesia maupun di negara lainnya. Samuel Uang danDr.Ethel Nelson telah membangkitkan semangat saya untuk menggali huruf-hurufkuno Tiongkok lebih dalam dan melihat hubungannya dengan Injil Keselamatan. Setelah melakukan beberapa seminar dan KKR di Indonesia, Singapura, Makau, Tiongkok, dan Australia.

 Hal-hal yang ajaib sedang terjadi di Tiongkoksekarang. Injil sedang giat dikabarkan dan mujizat-mujizat sedangterjadi. Ribuan dibaptis setiap harinya. Roh Kudus sedang bekerjadengan kekuatan yang luar biasa bagaikan api yang menjalar dan tak dapatdipadamkan. Dalam waktu yang sangat dekat pekerjaan pengabaran Injil iniakan diselesaikan dan kita akan bersama-sama diangkat kedalam Kerajaan Tuhankita Yesus Kristus, bersama-sama dengan mereka yang berada di Tiongkok yangtelah diluputkan dari cengkeraman Iblis dengan segala macam cara dan dayaupayanya untuk tetap membelenggu mereka.

Bila ada yang ingin saya ajarkan materi ini digereja mereka, tidak perduli aliran apapun, untuk dapat menggunakannya dalam menarik lebihbanyak jiwa-jiwa dari kalangan Tionghoa kepada Kristus, saya akan sangat senanghati untuk menerima panggilan saudara. Tetaplah berdoa dan bantu seberapa dapatusaha pengabaran Injil terhadap jiwa-jiwa yang indah di negeri sinim (Tiongkok) itu, dan yang telah bermukim di negeri kita sendiri. Kiranya Tuhanmelimpahkan berkatNya kepada Anda sekalian.
Dari saudaramu di dalam Tuhan kita Yesus Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.